Skip to main content

4 Konten Blog Yang Harus Dipunyai Untuk Membuat Blog Kita Jauh Lebih Menarik


Blog

Baiklah, konten adalah raja. Ini tidak usah dibantah lagi. Setiap blogger pasti mengerti ini. Konten selalu menjadi katalis yang membuat semuanya bisa menjadi nyata. Banyak blogger yang akhirnya menjadi buzzer karena kontennya yang konsisten dan tajam. Buat internet marketer yang bermain di content marketing juga pasti paham betul. Tetapi buat internet marketer yang ‘abu-abu’, dengan mudah bakal mematahkan aturan baku yang dibuat oleh Google ini. Selalu ada cara untuk membuat konten kita menjadi unik dan terpercaya oleh big G. Ya kan? Hahaha

Tapi sudahlah, buat yang baru ingin belajar ngebog ataupun bagi blogger yang pengalamannya sudah tahunan, ada beberapa hal yang selalu menjadi aturan di blog kita. Ada 4 (empat) tujuan dari setiap konten/tulisan yang kita posting, (1) adalah untuk menarik visitor baru, (2) untuk membangun relationship dengan pembaca, (3) mengedukasi pembaca sesuai dengan pendekatan yang kita pake di blog kita, dan (4) menunjukkan expertise dan leadership yang kita, blogger, punya. Keempat tujuan ini tidak bisa dicapai dengan sendirinya. Semuanya harus ada strategi yang diimplementasikan. Kalau dibahasa saya, semua harus ‘by design’, tidak terjadi dengan sendirinya.

Yang perlu dicatat adalah, tidak ada konten yang bisa memuat semuanya. Kita harus bersabar dan terus konsisten dengan strategi yang kita terapkan. Konsistensi ini yang dapat membangun pembaca yang setia. Mereka suka dengan gaya bahasa, atau bagus lagi, mereka suka dengan isi konten yang memang menjawab pertanyaan yang ada di benak pembaca. Jadi, ini ada strategi mengisi konten di blog. Tepatnya, beberapa jenis konten yang perlu diketahui oleh blogger :

1. Mark W Schaefer menyebutnya, evergreen content. Konten jenis ini selalu relevan dan berguna dalam kondisi apapun, dimanapun dan kapanpun. Postingan di tahun 2012 misalnya, ternyata masih relevan dengan kondisi di tahun 2015 nanti. Evergreen content biasanya menjawab apa yang menjadi pertanyaan umum pembaca. Untuk mempunyai traffic yang relevan, evergreen konten yang anda punya harus agak banyak. Minimal dalam setahun anda bisa mengeluarkan 12 konten jenis ini. Bisa dipermudah dengan sebulan sekali di-publish. Secara teknis, bertarung di keyword evergreen konten cukup menantang. Konten ini bukan jenis yang ber-keyword long tail. Walaupun dicari oleh jutaan pembaca, tetapi untuk merebut posisi pertama di Google bukanlah hal yang mudah. Okelah, bagi yang bermain dengan SEO (white ataupun black), kita masih bisa bergumul dengan backlinks, tetapi bagi blogger tulen, konten yang berkualitas menjadi andalan. Karena dengan konten yang berkualitas, tulisan kita akan menjadi referensi yang pada akhirnya menjadi backlinks juga. Dalam dunia corporate blogging, isi dari konten evergreen bisa merupakan kompilasi dari special project yang pernah dikerjakan, tentu saja dengan isi yang mendalam.

2. Yang kedua, soul content. Saya menyebutnya begitu karena di konten jenis ini memunculkan karakteristik siapa penulis di belakang sebuah konten. Ini akan membangun sebuah hubungan inter-personal yang semakin lama memunculkan sebuah kepercayaan antara penulis dan pembaca. Di konten ini yang mendorong setiap orang yang bertanggung jawab agar setiap kata menjadi autentik. Di dalamnya tersembunyi kekuatan personal branding.

Menulis soul content tidaklah susah. Ikuti value dan kata hati, maka anda akan mendapatkan konten yang hebat untuk blog anda. Pada sebuah corporate blog, menciptakan soul content berarti mengembalikan apa yang seharusnya, yaitu nilai/value perusahaan itu sendiri. Perusahaan advertising misalnya, daripada mencari-cari konten teknikal yang membosankan, lebih baik menjaring pengunjung dengan penjelasan proses kreatif yang terjadi di setiap projek yang ada. Contoh terbaik soul content, menurut saya, adalah ketika Annita Roddick memilih mem-blog tentang komitmen perusahaannya, BodyShop, untuk selalu terlibat dalam usaha ‘menghijaukan’ kembali dunia. Quote-nya, bahwa dia adalah aktivis (dan bukan businesswoman) sangat menginspirasi dunia.

3. Ini adalah jenis konten yang paling saya sukai, saya menyebutnya breakfast content. Kenapa menyebutnya begitu? Karena menurut saya, breakfast adalah saat dimana kita pengen makanan yang jujur, betul-betul diinginkan, dan belum terkontaminasi oleh bau-bauan, pandangan mata atau sentuhan makanan lain yang bisa memunculkan rasa ingin makan. Begitu juga breakfast content, ketika kita menceritakan apa yang terjadi dengan bahasa yang kita tahu. Konten ini memunculkan sisi ‘manusia’ dari penulis. Walaupun sebuah corporate blog, konten ini tetap akan menyita pandangan mata karena kejujuran dan keindahannya dalam bertutur kata.

Breakfast content menyentuh banyak sisi sosial dan budaya. Bagaimana sebuah perusahaan berkembang misalnya, tetapi dari sudut pandang seorang pegawainya. Atau bagaimana kita melakukan pekerjaan seorang dewasa, tapi dari pandangan mata seorang anak kecil. Sudut pandang yang berbeda ini adalah keunikan tersendiri. Breakfast content yang membedakan apakah tulisan ditulis dengan semangat atau sekedar mengisi sebuah blog. Breakfast content bukan tulisan yang bisa ditulis oleh eorang penulis konten lepas. Tetapi oleh seseorang yang benar-benar paham mengenai apa yang ditulisnya.

4. Terakhir, Post-it content. Tau Post-it kan? Yang (biasanya) berwarna kuning dan suka ditempel dimana-mana. Blog kita juga perlu konten yang demikian. Pendek, ringan dan straight-to-the-point. Karena sifatnya yang ringan, konten ini bisa mengisi 60-70% konten blog. Biasanya bernuansa berita yang up-to-date, konten ini tidak akan membuat blog anda menjadi lebih unik, tetapi akan menambah index di Google. Semakin banyak konten yang ter-index berarti semakin besar kemungkinan traffic yang masuk.










Sumber : http://bixbux.com/4-konten-blog-yang-harus-dipunyai-untuk-membuat-blog-kita-jauh-lebih-menarik/









Comments

Popular posts from this blog

Cara Buat jadi hacker bagi pemula

Banyak cara menjadi seorang hacker, dari cara yang paling mudah hingga cara yang paling sulit. Beberapa orang memakai software untuk melakukan hack.Harus ada kemauan dari diri sendiri tidak hanya kemauan utk sementara saja utk menjadi Hacking yang Hebat !!! Cara yang dipakai hacker untuk melakukan hack diantaranya pirates facebook, keylogger, mail passview, messenpass, social engineering, web spoofing, menghadang email,password cracking, session hijacking, menjadi proxy server, memanfaatkan kelalaian user dalam menggunakan fitur browser, dan googling. Pirates facebook Merupakan software yang bekerja dengan menggunakan nomor id facebook serta IP address facebook. Cara ini memang langsung menemukan kita pada email dan password korban namun yang mempersulit kita dalam pemakaian software ini adalah mengetikan IP Address. IP Address selalu berubah dalam waktu yang sangat singkat,dalam hitungan detik. Untuk menggunakan software ini diperlukan kerja keras,semangat dan

Tipe-tipe Pengguna Social Media

Tipe pengguna sosmed Sosial media belakangan ini memang menjadi deretan nomor wahid dalam dunia maya. Hampir semua orang sekarang akti f dalam menggunakan social media, baik untuk kepentingan pribadi, komunitas, maupun brand. Fenomena yang terjadi di masyarakat dunia termasuk Indonesia ini sudah mulai terjadi sejak tahun 2000 awal. Sedikit menilik kebelakang, pada tahun 2002, dunia maya heboh dengan munculnya sebuah sosial media generasi awal bernama Friendster. Anda ingat dengan nama tersebut? Ya, pastinya Anda ingat karena menurut saya, Friendster adalah cikal bakal dari berbagai sosial media yang ada sekarang. Kehadiran Friendster mendapat jegalan yang cukup berat dari MySpace, sebuah situs yang banyak dihuni oleh para pecinta musik dimana disana mereka bisa berinteraksi dengan para musisi idolanya, bahkan dulu terdapat fasilitas unduh lagu secara gratis yang diunggah langsung oleh musisinya. Setelah itu muncul Facebook yang masih menjadi sosial media terbesar di du

Asal Mula Sejarah Topeng Anonymous

Pada kali ini saya membagikan Asal Mula Sejarah Topeng Anonymous. Artikel ini saya dapatkan dari teman blogger kita, yaitu http://fhirman-ilham.blogspot.com/. Jadi, saya ucapkan terima kasih atas artikelnya. Mohon maaf saya tidak ijin dulu. Semoga agan membaca ini. Baik, untuk anda yang belum mengetahui kenapa kelompok Hacktvisme "Anonymous" mengenakan topeng "Guy Fawkes"?. Sebenarnya tidak ada kaitan sama sekali antara Guys Fawkes dan Anonymous. Sebelumnya kita membahas lebih jauh latar belakang Anonymous, kita akan membahas terlebih dahulu latar belakang Guys Fawkes.  Guy Fawkes Adalah karakter yang facenya dijadikan topeng identik kelompok hacker cyber cream terbesar di dunia "Anonymous". Guy Fawkes adalah pelaku peledakan bom di Gedung Parlemen Inggris. Dia bersama anggotanya melakukan aksi tersebut karena ingin membunuh Raja James 1. Namun aksi Guy Fawkes dan teman-temannya berhasil di gagalkan oleh pihak keamanan kerajaan. Peristiwa pe