Skip to main content

Various Types of DJ


DJ
Beberapa jalur yang bisa ditempuh oleh seorang DJ.You are what you do. Sukses atau tidaknya seorang DJ tergantung seberapa besar usahanya.Memilih jalan sebagai seorang DJ alias Disc Jockey memang belakangan ini banyak diambil orang karena eksistensi musiknya yang seakan terus berkembang dan tidak pernah pudar. Sebenarnya, memiliki pekerjaan atau hobi yang berhubungan dengan hal ini tidaklah buruk, tetapi ada beberapa poin yang harus Anda penuhi agar bisa tetap konsisten dan tidak hilang ditelan waktu.

Semakin banyaknya jumlah DJ membuat musik dunia malam semakin beragam, mulai dari trance, drum & bass, industrial, dubstep, dan masih banyak lagi. Perkembangan musik elektronik yang mulai kencang pada dekade 1980an juga memunculkan wajah-wajah baru di dunia musik, yang juga berdampak buruk dimana persaingan akan menjadi semakin ketat.

Kali ini  akan memberikan informasi mengenai tipe-tipe DJ untuk Anda. Ada yang mapan dan terkenal, ada juga yang biasa-biasa saja dan kurang terkenal. Ya, untuk menjadi seorang DJ yang sukses memang tidak mudah. So, check this list out!


College DJ

College DJ alias DJ Kampus. Hahaha, pastinya DJ seperti ini ada di lingkungan Anda. Entah diri Anda sendiri, atau mungkin teman terdekat Anda. Ini adalah langkah awal untuk berkarier sebagai DJ. Istilah "memulai dari nol" sangat tampak disini, dimana mayoritas dari mereka bermain di acara-acara yang dibuat oleh teman-teman kuliah atau bar kecil yang sedang melakukan promosi.

Perjuangan masih sangat panjang jika Anda masih berada di tahap ini. Karena persaingan dengan DJ dari luar lingkungan Anda masih sangatlah banyak. Bahkan teman dekat Anda sendiri bisa saja jadi saingan Anda dalam bermusik sambil meniti karier.
Mainstream DJ

DJ yang paling sering kita jumpai di dunia ini adalah para Mainstream DJ. Ya, mereka para DJ yang mengikuti selera pasar, dan kebanyakan dari mereka memainkan lebih dari satu genre karena tuntutan pasar. Mereka mencoba tetap up-to-date dengan musik-musik elektronik yang ada, bahkan musik non elektronik sekalipun yang sekiranya menarik dan terkenal.

Bermain di klub besar sambil membawakan lagu-lagu dari beberapa penyanyi perempuan terkenal seperti Katy Perry, Ke$ha, atau Nicki Minaj menjadi salah satu ciri khas mereka. Pastinya dengan kualitas mix yang bisa membuat para clubbers berteriak histeris sambil mengangkat tangan mereka.

Underground DJ

Banyak sekali cibiran mengenai para DJ dari lingkungan ini. Underground DJ biasa terlihat di klub-klub minoritas, yang biasanya tampak unik. Para DJ ini biasanya memiliki pola pikir yang berbeda dengan para Mainstream DJ. Mereka lebih mengejar kepuasan dirinya dan juga crowd dengan membawakan lagu-lagu yang memang dia sukai, bukan mengikuti selera pasar. Sidestream alert, guys!

Jika dilihat dari lagu-lagu yang mereka bawakan, istilah Indie DJ juga layak disematkan kepada mereka. Musik-musik non-mainstream berkumandang saat para DJ ini siap didepan deck mereka. Musik keras juga kerap terdengar dari beberapa setlist yang mereka buat, seperti industrial atau drum & bass.

Analog DJ


The real disc jockey! Para DJ Analog ini biasanya memiliki perangkat serta setlist yang old skool. Bermain dengan analog DJ set, dan menciptakan sebuah suasana yang berbeda dari DJ biasanya. Para DJ ini biasanya juga kerap bermain dengan koleksi vinyl mereka, yang membuat kualitas suara yang mereka buat lebih bagus.

Memang DJ seperti ini sudah cukup langka untuk ditemukan. Gaya bermain mereka yang sangat authentic juga menimbulkan banyak decak kagum dari berbagai pihak, karena gaya bermain mereka sangatlah berbeda dengan para DJ modern yang bermain dengan mengandalkan laptop atau CDJ sebagai senjata utama mereka.


Media Player DJ


Sebutan DJ abal-abal berhak Anda berikan kepada DJ seperti ini. Ini adalah kumpulan DJ yang hanya memainkan lagu dengan menggunakan software dari laptop mereka. Bahkan sebagian dari mereka membawakan lagu yang telah di remix oleh DJ lain yang mereka download dari berbagai situs musik yang ada di internet.

Mereka hanya sedikit merubah pitch atau mungkin menambahkan efek delay dalam lagu yang mereka bawakan. Dengan modal seperti itu, rasanya DJ seperti ini tidak akan mendapat apresiasi lebih karena kurang kreatif dan hanya sekedar membawakan remix dari orang lain saja. Too bad, buddy!

Sukses atau tidaknya Anda menjadi DJ adalah sebuah pilihan dari jalan yang Anda tempuh. Sisi kreatif Anda menjadi kunci yang bisa membuat Anda terkenal dan menjadi idola banyak orang, tanpa melihat gender dan usia sekalipun. You are what you do, guys!

Comments

Alan said…
Nice info... thanks gan atas ilmunya

Popular posts from this blog

Cara Buat jadi hacker bagi pemula

Banyak cara menjadi seorang hacker, dari cara yang paling mudah hingga cara yang paling sulit. Beberapa orang memakai software untuk melakukan hack.Harus ada kemauan dari diri sendiri tidak hanya kemauan utk sementara saja utk menjadi Hacking yang Hebat !!! Cara yang dipakai hacker untuk melakukan hack diantaranya pirates facebook, keylogger, mail passview, messenpass, social engineering, web spoofing, menghadang email,password cracking, session hijacking, menjadi proxy server, memanfaatkan kelalaian user dalam menggunakan fitur browser, dan googling. Pirates facebook Merupakan software yang bekerja dengan menggunakan nomor id facebook serta IP address facebook. Cara ini memang langsung menemukan kita pada email dan password korban namun yang mempersulit kita dalam pemakaian software ini adalah mengetikan IP Address. IP Address selalu berubah dalam waktu yang sangat singkat,dalam hitungan detik. Untuk menggunakan software ini diperlukan kerja keras,semangat dan

Tipe-tipe Pengguna Social Media

Tipe pengguna sosmed Sosial media belakangan ini memang menjadi deretan nomor wahid dalam dunia maya. Hampir semua orang sekarang akti f dalam menggunakan social media, baik untuk kepentingan pribadi, komunitas, maupun brand. Fenomena yang terjadi di masyarakat dunia termasuk Indonesia ini sudah mulai terjadi sejak tahun 2000 awal. Sedikit menilik kebelakang, pada tahun 2002, dunia maya heboh dengan munculnya sebuah sosial media generasi awal bernama Friendster. Anda ingat dengan nama tersebut? Ya, pastinya Anda ingat karena menurut saya, Friendster adalah cikal bakal dari berbagai sosial media yang ada sekarang. Kehadiran Friendster mendapat jegalan yang cukup berat dari MySpace, sebuah situs yang banyak dihuni oleh para pecinta musik dimana disana mereka bisa berinteraksi dengan para musisi idolanya, bahkan dulu terdapat fasilitas unduh lagu secara gratis yang diunggah langsung oleh musisinya. Setelah itu muncul Facebook yang masih menjadi sosial media terbesar di du

Asal Mula Sejarah Topeng Anonymous

Pada kali ini saya membagikan Asal Mula Sejarah Topeng Anonymous. Artikel ini saya dapatkan dari teman blogger kita, yaitu http://fhirman-ilham.blogspot.com/. Jadi, saya ucapkan terima kasih atas artikelnya. Mohon maaf saya tidak ijin dulu. Semoga agan membaca ini. Baik, untuk anda yang belum mengetahui kenapa kelompok Hacktvisme "Anonymous" mengenakan topeng "Guy Fawkes"?. Sebenarnya tidak ada kaitan sama sekali antara Guys Fawkes dan Anonymous. Sebelumnya kita membahas lebih jauh latar belakang Anonymous, kita akan membahas terlebih dahulu latar belakang Guys Fawkes.  Guy Fawkes Adalah karakter yang facenya dijadikan topeng identik kelompok hacker cyber cream terbesar di dunia "Anonymous". Guy Fawkes adalah pelaku peledakan bom di Gedung Parlemen Inggris. Dia bersama anggotanya melakukan aksi tersebut karena ingin membunuh Raja James 1. Namun aksi Guy Fawkes dan teman-temannya berhasil di gagalkan oleh pihak keamanan kerajaan. Peristiwa pe