Skip to main content

#BualMusikVol15 - Living Legend Grup Qasidah Modern Indonesia Nasida Ria

Nasida Ria
Living Legend Grup musik Qasidah Indonesia,Bahkan Gelar salah satu living legend Musik di Indonesia juga layak disematkan pada grup Nasida Ria. Beberapa waktu lalu erhan.ID mendapat sebuah kehormatan untuk menginterviewnya tentang perjalanan karir dan segala hal unik sepanjang 4 dasawarsa perjalanan grup ini. 

Bisa diceritakan sejarah Nasida Ria?
Nasida Ria adalah Grup kasidah yang telah berdiri sejak 1975 . Didirikan oleh Almarhum H. Muhammad Zain dan pemimpin grup adalah HJ. Mudrikah Zain yang dalam perjalanannya sudah menghasilkan 34 Album reguler, ditambah dengan Arabic song dan beberapa lagu pilihan. Pernah manggung di luar negeri seperti Hongkong, Jerman, Malaysia dan beberapa negara lainnya.

Kenapa Nasida Ria bisa disebut sebagai “Pelopor grup Qasidah Modern?
Sebenarnya Almarhum Bapak saya sebagai pendiri Nasida Ria telah memiliki grup Qasidah sebelumnya sekitaran tahun 1970an. Pada masa itu seringnya orang membawa lagu berirama padang pasir dan berbahasa arab, begitu juga awal mula karir Nasida Ria. Era 1980an  Album Perdamaian diluncurkan semuanya menggunakan bahasa Indonesia. Nasida Ria disebut sebagai Grup Qasidah Modern dimulai pada tahun segitu dikarenakan belum ada grup seangkatan yang memiliki konsep membawakan musik Qasidah menggunakan full band.
Seiring perjalanannya sudah berapa kali ganti personil?
Sejak awalnya perjalanan sering terjadi pergantian personil, dimulai dari faktor keluar, kesehatan dll. Sekarang juga kami sudah menyiapkan generasi kedua penerus Nasida Ria ditambah 2 Orang yang paling sepuh didalamnya dari generasi Pertama. Generasi kedua dimulai tahun 84 sampai 85 dan diteruskan sampai sekarang ditambah beberapa personil muda.
Nasida Ria memiliki banyak Hits lagu yang pernah dibawakan sama musisi lain. Kronologinya bagaimana?
Lagu-lagunya sudah populer, Siapa lagi tidak tahu Nasida Ria di Indonesia begitu juga diluar negeri.
Soal Band Gigi membawakan lagunya?
Perihal Gigi mereka membawakan lagu atas izin dari pengarang lagunya. Sah-sah saja memang membawakan lagu dari izin pengarangnya, tapi paling tidak seharusnya tanpa mengecilkan yang membuat lagu ini menjadi Hits. Dan pernah kejadian di salah satu stasiun TV swasta disaat lagu perdamaian dibawakan, yang mempopulerkan di credit titlenya adalah Gigi. Banyak orang yang mengkritisi hal tersebut, dan sempat heboh di beberapa sosial media dan Milis sosial.
Harus diakui masa sekarang bukan era qasidah, bagaimana cara Nasida Ria tetap bertahan di tengah kondisi sekarang ini?
Salah satu cara membuat Nasida Ria bertahan adalah dengan membentuk Regenerasi Nasida Ria, sampai sekarang memiliki 3 Generasi dimana generasi terakhir adalah sebagai addisional player. Memang Nasida Ria sudah memiliki penggemar fanatik yang tidak akan berpindah hati. Orang tua usia 45 keatas masih menjadi penggemar terbesar, umur 20 sampai 40 justru banyak yang blank  atau tidak tahu tentang Nasida Ria dan justru 20 kebawah sudah mulai ramai penggemar.
Media promosi Nasida Ria apa?
Kalau dulu biasanya Rilis di koran, namun sekarang sudah dikalahkan sama online. Sekarang promosi di Facebook, Instagram dan Youtube dengan Channel Nasida Ria Management. Sebenarnya yang membantu di Nasida Ria Crew ada beberapa anak muda yang membantu 2 orang.
Agak kewalahan bertahan di musik sekarang?
Memang untuk bertahan pada masa sekarang membutuhkan perjuangan yang luar biasa berat, dominasi musik Dangdut dan POP sangat kuat. Ditambah dengan ada beberapa channel TV yang mempromosikan, memang agak dibutuhkan energi lebih di promosi online. Untungnya dibantu sama teman-teman tim Nasida Ria yang membantu mempromosikan online.
Masih laris Job Nasida Ria?
Alhamdulillah sampai saat ini Nasida Ria masih bertahan, mendapatkan job sampai sekarang.
Seringnya tampil di event apa?
Nasida Ria sering tampil di event Hajatan, Syukuran dan event lainnya.
Ada Pengalaman unik selama yang didapatkan selama Nasida Ria Tampil?
Baru-baru ini kami diundang di sebuah event yang bernama RREC Fest 2016. Penonton yang hadir rata-rata orang muda dari berbagai negara.
Masih bisa hidup dan mencukupi kebutuhan dengan bermusik lewat jalur Qasidah?
Masih, Alhamdulillah Nasida Ria masih memiliki tempat yang besar dihati setiap penggemar Selain itu juga pendapatan yang didapat masih mencukupi kegiatan operasional dan kebutuhan tiap personil.
Ada pesan-pesan buat tiap grup baru yang mencoba peruntungan di qasidah.
Yang paling penting adalah bertahan, lebih tahan banting. Jangan sampai baru berdiri beberapa bulan sudah bubar, selain itu setiap grup musik apapun itu harus memiliki ciri khas yang bisa membedakan antara satu sama lainnya.        

Comments

sahelipadovani said…
Here's how to bet on sports toto in Nigeria - Sporting 100
You can also check out the sportsbook. Sports betting is legal in Nigeria. The first time งานออนไลน์ you could place 로투스 바카라 중계 사이트 a 188bet sports 안전 토토 사이트 bet on soccer, 사설 토토 사이트 odds must

Popular posts from this blog

Cara Buat jadi hacker bagi pemula

Banyak cara menjadi seorang hacker, dari cara yang paling mudah hingga cara yang paling sulit. Beberapa orang memakai software untuk melakukan hack.Harus ada kemauan dari diri sendiri tidak hanya kemauan utk sementara saja utk menjadi Hacking yang Hebat !!! Cara yang dipakai hacker untuk melakukan hack diantaranya pirates facebook, keylogger, mail passview, messenpass, social engineering, web spoofing, menghadang email,password cracking, session hijacking, menjadi proxy server, memanfaatkan kelalaian user dalam menggunakan fitur browser, dan googling. Pirates facebook Merupakan software yang bekerja dengan menggunakan nomor id facebook serta IP address facebook. Cara ini memang langsung menemukan kita pada email dan password korban namun yang mempersulit kita dalam pemakaian software ini adalah mengetikan IP Address. IP Address selalu berubah dalam waktu yang sangat singkat,dalam hitungan detik. Untuk menggunakan software ini diperlukan kerja keras,semangat dan

4 Gerakan Dalam Musik Metal

1. Headbanging Headbanging adalah adalah jenis tarian yang melibatkan kekerasan, menggelengkan kepala beriringan dengan musik gerakan mengayun-ayunkan kepala sambil mendengarkan musik yang biasanya adalah musik musik keras seperti heavy metal, death metal, trash, rock, dan sejenisnya (belum pernah liat orang headbanging pake musik melayu, najis pastinya). istilah “Headbanger” diciptakan saat tur pertama Led Zeppelin AS pada tahun 1969. Selama pertunjukan di Boston Tea Party, penonton anggota di baris pertama membenturkan kepala mereka terhadap panggung seirama dengan musik. yang jelas headbanging itu lebih asik dari pada baca buku pelajaran. Ada berbagai gaya headbanging. Berbagai gaya sering dicampur bersama-sama sesuai selera dan tempo dan berat musik. Mereka juga dapat melakukan dengan mata tertutup atau kombinasi dg gerakan tangan seperti tanda tanduk, bernyanyi, berteriak, dan sinkronisasi bibir. Headbangers biasanya nge-bang dengan kepala, mengurangi ketegangan pada le

7 Website Menarik Untuk Mengatasi Kebosanan di lingkungan anda

Menghibur diri saat jenuh tanpa harus meninggalkan meja. Menemukan hal baru di dunia internet selalu menjadi hal yang menyenangkan. Jangan paksakan diri Anda ketika sedang bosan bekerja. Cobalah beristirahat sejenak dengan membuka situs unik yang bisa menghibur Anda. Semua orang membutuhkan hiburan, bahkan dalam keadaan tersibuk sekalipun. Anda bisa saja membuka YouTube dan melihat video lucu dan menghibur sebagai senjata ampuh untuk mengusir rasa jenuh. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba sesuatu yang baru dan yang tidak pernah Anda saksikan sebelumnya. Pikirkanlah bahwa dunia internet memiliki jutaan situs yang belum Anda telusuri, walaupun tidak semuanya berguna dan berfungsi dengan baik. Berikut beberapa situs yang menurut kami akan menghibur Anda saat jenuh dengan keseharian  kantor yang padat. 9gag dan Reddit Banyak orang yang telah mengetahui 9gag, namun faktanya, 9gag merupakan website dengan versi yang lebih rapi dari Reddit. Website Reddit te