Copyright Rolling Stone Indonesia |
Secret concert adalah salah satu fenomena yang terjadi belakangan ini pada scene musik lokal bahkan dunia sekalipun. Sebenarnya penggunaan istilah secret concert ini sudah ada sejak lama dalam penyelenggaran hajatan musik, banyak promotor atau eo (event organizer) bahkan musisi itu sendiri ikut berlomba dalam penyelenggaraannya. Melihat dari makna bahasanya secret concert itu memiliki makna konser rahasia atau diam-diam, implementasinya dapat dilihat ketika konser yang biasanya diselenggarakan secara terbuka untuk khalayak umum diubah menjadi secara tertutup dan terbatas penontonnya .
Menilik rekam jejak penyelenggaraanya,banyak musisi pernah menyelenggarakan secret concert. Sebut saja Coldplay,Jason Mraz,John Mayer,Rita Ora dibagian musisi internasional dan pada musisi lokal ada Efek Rumah Kaca, Tenage Death Stars,Kunto Aji,Danilla dan banyak musisi lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu namanya.
Penyelenggaraan secret concert ini biasanya memiliki tujuan yang beragam,mulai dari launching album hingga intimate session antara musisi ke setiap penikmat karyanya. Selain tujuan yang beragam,biasanya event tersebut juga terbagi kepada berbayar atau gratis tergantung dari sifat event itu sendiri apakah profitable atau tidak. Secret concert bisa bersifat profitable apabila konser diselenggarakan dengan tujuan untuk menjual nama band atau musisi yang menjadi pengisi di acara tersebut. Tiket yang dijual biasanya dengan harga tinggi dan sangat terbatas jumlahnya,sedangkan untuk non profit biasanya terjadi ketika sang musisi ingin mendekatkan diri kepada setiap fans. Selain bentuk apresiasi dari musisi ke setiap penikmat karyanya, tujuan lainnya bisa juga bersifat sosial atau charity.
Dengan berbagai keseruan secret concert ini,setiap penikmat gigs seharusnya selalu mengikuti info kegiatan dari musisi idolanya melalui sosial media ataupun media lainnya. Dengan selalu mengikuti berita sang musisi idola tersebut memperbesar peluang mendapat invitation untuk secret concert. Selain mengikuti melalui sosial media kita juga harus memperluas relasi agar selalu mendapatkan info terbaru seputar event atau gigs lokal.
Penyelenggaraan secret concert ini biasanya memiliki tujuan yang beragam,mulai dari launching album hingga intimate session antara musisi ke setiap penikmat karyanya. Selain tujuan yang beragam,biasanya event tersebut juga terbagi kepada berbayar atau gratis tergantung dari sifat event itu sendiri apakah profitable atau tidak. Secret concert bisa bersifat profitable apabila konser diselenggarakan dengan tujuan untuk menjual nama band atau musisi yang menjadi pengisi di acara tersebut. Tiket yang dijual biasanya dengan harga tinggi dan sangat terbatas jumlahnya,sedangkan untuk non profit biasanya terjadi ketika sang musisi ingin mendekatkan diri kepada setiap fans. Selain bentuk apresiasi dari musisi ke setiap penikmat karyanya, tujuan lainnya bisa juga bersifat sosial atau charity.
Dengan berbagai keseruan secret concert ini,setiap penikmat gigs seharusnya selalu mengikuti info kegiatan dari musisi idolanya melalui sosial media ataupun media lainnya. Dengan selalu mengikuti berita sang musisi idola tersebut memperbesar peluang mendapat invitation untuk secret concert. Selain mengikuti melalui sosial media kita juga harus memperluas relasi agar selalu mendapatkan info terbaru seputar event atau gigs lokal.
Comments