Skip to main content

#BualMusikVol14 : Jason Ranti soal musik,politik dan caranya memandang hidup

Copyright By Erhan.ID
Jason ranti merupakan salah satu soloist folk paling "Hot" masa kini. Sebuah album penuh bertajuk "Akibat Pergaulan Blues" telah dilepas untuk memuaskan setiap penikmat musiknya. Beberapa waktu lalu erhan.ID berkesempatan untuk melakukan sesi interview dengannya.

Sebenarnya sosok jason ranti itu siapa sih?
Entahlah saya masih mencari
Jadi jason ranti belum bisa menjelaskan siapa dirinya ?
Iya,pencarian tanpa henti soal itu sampai sekarang saya masih mencari siapa diri saya sendiri heheheh
Kesibukan sekarang apa dan berkutat didunia apa sekarang ?
Lagi main gitar,udah gitu aja
Sudah menghasilkan karya dari gitarnya ?
Sudah,jelas pastinya satu album penuh berjudul "Akibat Pergaulan Blues".
Influence dalam hidup entah itu musisi atau siapapun ?
Gusdur,kan bebas yaa..ehehehhehe
Dari sisi apa gusdur bisa menjadi influence Jason Ranti ?
Pembentukan pikiran bahwa kita mesti main-main ke semua orang. Aku rasa semuanya harus banyak belajar ke beliau soal hal itu
Single kafir inspirasinya dari mana ?
Inspirasinya sederhana,berasal dari kebiasaan banyak orang dalam mengkofar kafirkan setiap orang yang berbeda keyakinan dengannya. Dan menurut gue itu gak asik.
Pernah dicekal gara-gara bawa lagu itu ?
Gak pernah,justru aku bingung kenapa bisa dicekal Menurut lu kenapa lagunya bisa dicekal ?
Mungkin karena menyinggung beberapa hal sensitif yang terjadi di lapangan. Seperti Ras dan agama mungkin ?

Tapi orang-orang teriak dijalan “Bunuh-bunuh si ahok,bunuh si ahok sekarang juga” itu aja tidak dipermasalahkan. Orang dijalan dibakar hidup-hidup tidak apa-apa,maksudnya hal itu terjadi dilapangan.

Akibat Pergaulan blues,pada album tersebut terdapat beberapa hal yang digaris bawahi seperti komunis . Soal komunis kenapa bisa menjadi salah satu hal yang dibahas dalam album ini ?
Gue dapat inspirasi soal komunis di simposium di Jakarta. Kemarin isu komunis cukup marak dimunculkan kembali ke permukaan dan terkadang orang-orang tidak bisa membedakan komunis sebagai ideologi dengan PKI sebagai organisasi politik.
Di beberapa media sempat muncul istilah jason ranti adalah sosok iwan fals baru di era modern. Setuju dengan istilah itu ?
Gua respect banget ke dia,tapi setiap orang biasanya mau menjadi dirinya masing-masing dan begitu juga gue. Terlepas dari yang dibandingin adalah seorang legenda,tapi setiap orang pasti ada kebutuhan untuk menjadi dirinya sendiri
Sudah satu album penuh, kapan next album baru ?
Ada,doakan ya ini lagi proses pengerjaan bareng si Dado (Manajer Jason Ranti).
Departemen penerangan jason ranti itu sebenarnya apa ?
Awalnya berasal dari keinginan manajer gue untuk bikin akun instagram, akun jason ranti itu memang hanya akun pribadi dan hanya digunakan untuk postingan gue pribadi. Awalnya mau bikin “Jason Ranti Official” tapi berhubung gue gak suka dan terlalu kaku, jadinya aku usulkan tulis aja departemen penerangan jason ranti dan gunakan foto Harmoko “Hari hari omong kosong” hahahha. Maksudnya juga untuk menghindari kebuntuan.
Imej yang mau ditampilkan jason ranti sebenarnya apa?
Gak ngerti,gua jalan aja tanpa memikirkan apa dan bagaimana imejnya. Gak terlalu sibuk menampilkan imej dan apa yang perlu ditampilkan karena mungkin itu melelahkan ya.
Album selanjutnya akan seperti pertama atau gimana ?
Itulah misteri ilahi,hahah
Bagaimana kondisi sosial politik menurut sudut pandang Jason Ranti,dan kenapa rata-rata menyentil hal tersebut dengan cara “slengekan” ?
Menurut aku itu sebenarnya serius,soal penafsiran orang itu “slengekan”  ya terserah mana bisa diatur penafsiran orang lain kan,bebaslah.
Jason Ranti musisi yang “Unik” Cuma satu dari sekian banyak lainnya. Setuju dengan hal itu ?
Pertanyaannya bukan menjadi unik ya,tapi lebih kepada menjadi dirinya sendiri perkara itu unik kah atau lainnya kita tidak tau. Yang pasti orang akan menjadi bahagia apabila menjadi dirinya sendiri. Dan perkara itu unik atau tidak terserah bagaimana orang menilainya.

Musik bagi jason ranti apa ? mencari uang atau sekedar pelampiasan hobi dan bersenang-senang ?
Gua ngakui hidup dari musik tapi selain itu juga gue mencari berkah buat dibawa pulang. Soal unsur fun tentu menjadi hal yang wajib ya,ngapain kita ngelakuin sesuatu yang tidak kita senangi walaupun banyak duitnya. Banyak orang yang ngelakuin sesuatu tidak fun dan gua respect sama orang yang begitu.
Terakhir, pesan-pesan untuk teman-teman musisi apa ?
Gue bingung mau menyampaikan pesan apa,karena gue bukan yahoomail.com hahahaha
Testimoni mungkin untuk buat musisi lain?
Gue rasa selagi berangkat dengan niat baik,pasti sekeliling akan merespon dengan baik pula. Udah gitu aja



Comments

Popular posts from this blog

Cara Buat jadi hacker bagi pemula

Banyak cara menjadi seorang hacker, dari cara yang paling mudah hingga cara yang paling sulit. Beberapa orang memakai software untuk melakukan hack.Harus ada kemauan dari diri sendiri tidak hanya kemauan utk sementara saja utk menjadi Hacking yang Hebat !!! Cara yang dipakai hacker untuk melakukan hack diantaranya pirates facebook, keylogger, mail passview, messenpass, social engineering, web spoofing, menghadang email,password cracking, session hijacking, menjadi proxy server, memanfaatkan kelalaian user dalam menggunakan fitur browser, dan googling. Pirates facebook Merupakan software yang bekerja dengan menggunakan nomor id facebook serta IP address facebook. Cara ini memang langsung menemukan kita pada email dan password korban namun yang mempersulit kita dalam pemakaian software ini adalah mengetikan IP Address. IP Address selalu berubah dalam waktu yang sangat singkat,dalam hitungan detik. Untuk menggunakan software ini diperlukan kerja keras,semangat dan

4 Gerakan Dalam Musik Metal

1. Headbanging Headbanging adalah adalah jenis tarian yang melibatkan kekerasan, menggelengkan kepala beriringan dengan musik gerakan mengayun-ayunkan kepala sambil mendengarkan musik yang biasanya adalah musik musik keras seperti heavy metal, death metal, trash, rock, dan sejenisnya (belum pernah liat orang headbanging pake musik melayu, najis pastinya). istilah “Headbanger” diciptakan saat tur pertama Led Zeppelin AS pada tahun 1969. Selama pertunjukan di Boston Tea Party, penonton anggota di baris pertama membenturkan kepala mereka terhadap panggung seirama dengan musik. yang jelas headbanging itu lebih asik dari pada baca buku pelajaran. Ada berbagai gaya headbanging. Berbagai gaya sering dicampur bersama-sama sesuai selera dan tempo dan berat musik. Mereka juga dapat melakukan dengan mata tertutup atau kombinasi dg gerakan tangan seperti tanda tanduk, bernyanyi, berteriak, dan sinkronisasi bibir. Headbangers biasanya nge-bang dengan kepala, mengurangi ketegangan pada le

7 Website Menarik Untuk Mengatasi Kebosanan di lingkungan anda

Menghibur diri saat jenuh tanpa harus meninggalkan meja. Menemukan hal baru di dunia internet selalu menjadi hal yang menyenangkan. Jangan paksakan diri Anda ketika sedang bosan bekerja. Cobalah beristirahat sejenak dengan membuka situs unik yang bisa menghibur Anda. Semua orang membutuhkan hiburan, bahkan dalam keadaan tersibuk sekalipun. Anda bisa saja membuka YouTube dan melihat video lucu dan menghibur sebagai senjata ampuh untuk mengusir rasa jenuh. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba sesuatu yang baru dan yang tidak pernah Anda saksikan sebelumnya. Pikirkanlah bahwa dunia internet memiliki jutaan situs yang belum Anda telusuri, walaupun tidak semuanya berguna dan berfungsi dengan baik. Berikut beberapa situs yang menurut kami akan menghibur Anda saat jenuh dengan keseharian  kantor yang padat. 9gag dan Reddit Banyak orang yang telah mengetahui 9gag, namun faktanya, 9gag merupakan website dengan versi yang lebih rapi dari Reddit. Website Reddit te