Skip to main content

Sejarah Musik Rock



Sejarah Musik Rock, oke sob kita balik lagi buat bahas soal sejarah musik. Dan kali ini kita bakal bahas sejarah suatu aliran musik yang tidak akan pernah ada matinya, yaitu Sejarah Musik Rock. Siapa yang tidak kenal aliran musik yang satu ini, segala usia pasti mengenal musik yang satu ini. Oke langsung aja ke intinya, bagaiamana sebenarnya sejarah musik rock? Nah mending simak baik-baik cerita sejarah musik rock ini. 
Sejarah Musik Rock


Sejarah musik rock mulai diketahui secara umum yaitu pada pertengahan tahun 50-an. Musik rock berakar dari musik rhytm and blues serta berbagai jenis musik lainnya. Musik rock mempunyai ciri khas beat yang kuat dan didominasi oleh gitar elektrik maupun akustik. Secara umum musik rock dimainkan secara band ada yang memegang peranannya masing-masing seperti vocal, gitar, drum dan bass. Namun, biasanya ada juga yang menambahkan instrumen lainnya seperti keyboard, piano atau pun synthesizer.


Musik rock mungkin tidak lepas kaitannya dengan jenis musik rock n roll. Dan di akhir 60-an musik rock muali digabungkan dengan musik lainnya, seperti Folk Rock, Blues Rock dan juga Jazz-Fussion Rock. Di akhir tahun 70-an musik rock juga berkembang menjadi beberapa subgenre seperti soft rock, hard rock, heavy metal dan punk. Sejarah musik rock pun berlanjut di era 80-an berkembang menjadi beberapa subgenre lagi, seperti glam metal, synth rock, trash metal, hardcore punk dan juga alternative rock. Dan di era 90-an muncul lagi subgenre baru seperti grunge, brit pop, indie rock dan nu metal.


Sejarah musik rock memang tidak lepas dari perkembanganya menjadi beberapa subgenre, sebut saja progressive rock yang populer di tahun 60- sampai 70-an, progressive rock merupakan penggabungan elemen-elemen dari rock, jazz dan juga musik klasik. Terkadang ada juga pengaruh dari musik blues dan musik tradisional. Beberapa band progressive rock terkemuka adalah Yes, King Crimson, UK, Pink Floyd dan juga Genesis yang populer di tahun 60-an. Dan di tahun 70 sampai 80-an muncul beberapa band seperti Rush, Marillion dan Dream Theater. Ciri khas dari pregressive rock yang biasanya ditemukan seperti ritme yang tidak konvensional, permainan solo yang rumit, dan bahkan ada lagu-lagunya yang panjang berkisar sekitar 12-20 menit.


Kita lanjut sob ke sejarah musik rock yang berkembang menjadi Hard Rock. Musik hard rock berakar dari garage rock dan psychedelic rock. Musik hard rock biasanya terdiri dari dua gitar yaitu lead gitar dan juga rhytm gitar. Lead gitar akan menampilkam gitar solo pada beberapa bagian dari lagu jenis musik hard rock ini. Beberapa grup musik hard rock yang populer , seperti Aerosmith, The Who, Thin Lizzy, Nazareth, Van Halen, AC/DC, led Zeppelin, Deep Purple dan juga Kiss. Namun, AC\DC secara eksplisit menyatakan musik mereka merupakan heavy metal walaupun banyak yang menyatakan musik mereka berdasarkan rhytm and blues dan hard rock tahun 70-an. Beberapa band seperti Led Zeppelin dan Deep Purple juga ada yang mengatakan sebagai pelintas batas antara hard rock dan heavy metal.


Dari situ kita lanjut sejarah musik rock ke heavy metal. Heavy metal sendiri adalah aliran musik rock yang berkembang di tahun 70-an, musik ini berakar pada blues rock dan juga psychedelic rock. Musik ini mungkin tidak jauh berbeda dengan hard rock. Namun, musik ini ditandai dengan distorsi gitar yang kuat serta ketukan yang cepat. Lyrik heavy metal sendiri lebih berkaitan tentang kejantanan, kekerasan fantasi dan juga mistis. Beberapa musisi yang lahir dari jenis musik ini ada Judas Priest, Iron Maiden, Metallica, Megadeth, Slayer, W.A.S.P dan lain-lain. Seiring berkembangnya jaman musik heavy metal pun berkembang menjadi beberapa jenis musik seperti glam metal, speed metal, avant-garde metal, trash metal, death metal, black metal, grindcore, gothic metal, doom metal, industrial metal, nu metal dan lain-lain. Sudah di bahas di Sejarah Musik Metal.

Sejarah musik rock mungkin masih banyak lagi namun sebaiknya kita bahas nanti berdasarkan sejarah musiknya itu sendiri. Ternyata musik yang seringkali berkaitan dengan perjalanan hidup kita ini sob, mempunyai sejarah yang panjang. Siapa memangnya orang yang tidak menyukai jenis musik rock ini. Dan itulah tadi cerita tentang sejarah musik rock, semoga tulisan sejarah musik rock ini dapat bermanfaat untuk semua pembacanya. Terima kasih telah membaca tulisan sejarah musik rock.



sumber :http://www.ipangrock.com/sejarah-musik-rock.html

Comments

Popular posts from this blog

Cara Buat jadi hacker bagi pemula

Banyak cara menjadi seorang hacker, dari cara yang paling mudah hingga cara yang paling sulit. Beberapa orang memakai software untuk melakukan hack.Harus ada kemauan dari diri sendiri tidak hanya kemauan utk sementara saja utk menjadi Hacking yang Hebat !!! Cara yang dipakai hacker untuk melakukan hack diantaranya pirates facebook, keylogger, mail passview, messenpass, social engineering, web spoofing, menghadang email,password cracking, session hijacking, menjadi proxy server, memanfaatkan kelalaian user dalam menggunakan fitur browser, dan googling. Pirates facebook Merupakan software yang bekerja dengan menggunakan nomor id facebook serta IP address facebook. Cara ini memang langsung menemukan kita pada email dan password korban namun yang mempersulit kita dalam pemakaian software ini adalah mengetikan IP Address. IP Address selalu berubah dalam waktu yang sangat singkat,dalam hitungan detik. Untuk menggunakan software ini diperlukan kerja keras,semangat dan

4 Gerakan Dalam Musik Metal

1. Headbanging Headbanging adalah adalah jenis tarian yang melibatkan kekerasan, menggelengkan kepala beriringan dengan musik gerakan mengayun-ayunkan kepala sambil mendengarkan musik yang biasanya adalah musik musik keras seperti heavy metal, death metal, trash, rock, dan sejenisnya (belum pernah liat orang headbanging pake musik melayu, najis pastinya). istilah “Headbanger” diciptakan saat tur pertama Led Zeppelin AS pada tahun 1969. Selama pertunjukan di Boston Tea Party, penonton anggota di baris pertama membenturkan kepala mereka terhadap panggung seirama dengan musik. yang jelas headbanging itu lebih asik dari pada baca buku pelajaran. Ada berbagai gaya headbanging. Berbagai gaya sering dicampur bersama-sama sesuai selera dan tempo dan berat musik. Mereka juga dapat melakukan dengan mata tertutup atau kombinasi dg gerakan tangan seperti tanda tanduk, bernyanyi, berteriak, dan sinkronisasi bibir. Headbangers biasanya nge-bang dengan kepala, mengurangi ketegangan pada le

7 Website Menarik Untuk Mengatasi Kebosanan di lingkungan anda

Menghibur diri saat jenuh tanpa harus meninggalkan meja. Menemukan hal baru di dunia internet selalu menjadi hal yang menyenangkan. Jangan paksakan diri Anda ketika sedang bosan bekerja. Cobalah beristirahat sejenak dengan membuka situs unik yang bisa menghibur Anda. Semua orang membutuhkan hiburan, bahkan dalam keadaan tersibuk sekalipun. Anda bisa saja membuka YouTube dan melihat video lucu dan menghibur sebagai senjata ampuh untuk mengusir rasa jenuh. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba sesuatu yang baru dan yang tidak pernah Anda saksikan sebelumnya. Pikirkanlah bahwa dunia internet memiliki jutaan situs yang belum Anda telusuri, walaupun tidak semuanya berguna dan berfungsi dengan baik. Berikut beberapa situs yang menurut kami akan menghibur Anda saat jenuh dengan keseharian  kantor yang padat. 9gag dan Reddit Banyak orang yang telah mengetahui 9gag, namun faktanya, 9gag merupakan website dengan versi yang lebih rapi dari Reddit. Website Reddit te